BeritaMetroNews

Ketua BPRS Sultra Himbau Pihak RS Kota Kendari Layani Pasien Dengan Baik

×

Ketua BPRS Sultra Himbau Pihak RS Kota Kendari Layani Pasien Dengan Baik

Share this article
Ketua Badan Pengawas Rumah Sakit Sulawesi Tenggara, Dr. LM Bariun SH MH. Foto : duL, OS

KENDARI, OKESULTRA.ID – Badan Pengawas Rumah Sakit (BPRS) Sulawesi Tenggara (Sultra) mengadiri Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Komisi III DPRD Kota Kendari serta Direktur Rumah Sakit Umum Kota Kendari, Senin (04/06/2024).

Dimana dalam agen RDP tersebut untuk mendengarkan keterangan dari pihak RS Kota Kendari terkait adanya keluhan dari dari masyarakat atau pasien mengenai buruknya pelayanan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Kendari beberapa waktu lalu.

Kepada awak media, Ketua Badan Pengawas Rumah Sakit Sulawesi Tenggara, Dr. LM Bariun SH MH, mengatakan jika persoalan tersebut telah di selesaikan dengan memanggil Direktur Rumah Sakit dan para Dokter untuk mengecek kebenaran itu.

“Saya selaku BPRS mengcek kebenaran itu dengan memanggil semua para Direkutur Rumah Sakit dan Dokternya. Sehinga ada beberapa yang perlu disampaikan. Dalam pernyataan mereka bahwa dalam pelayanan itu sesui dengan SOP, hanya ada saja kekeliruan atau kesalapahaman kepada pasien,” ujar Bariun saat ditemui di Rungannya pada Selasa (4/6/2025).

Lebih kanjut, kata dia, adapun kesalapahaman itu, dimana ada seorang mahasiswa di salah satu Unversitas di Kendari melakukan Praktek Kerja Lapangan (PKL). Saat itu mahasiswa tersebut tidak didampingi oleh pihak medis untuk melayani masyarakat.

“Ini merupakan kelalaian pihak tim medis atau perawat karena tidak melakukan pengwasan kepada anak yang PKL itu. Seingga itu penyebabnya adalah pelayanan di anggap buruk. Sebenarnya hanya miskomunikasi saja antra pasian dengan pihak rumah sakit,” bebernya

Dengan adanya kejadian itu, kata Direktur Pascasarjana Universtias Sulawesi Tenggara, pihak rumah sakit bersepakat untuk diberi waktu agar merubah pelayan tersebut.

“Kemudian dari hasil RDP juga kemarin ada beberapa rekomendasi yang di berikan oleh Rumah Sakit untuk tidak mengulangi hal yang serupa,” jelasnya

Dalam RDP itu juga, pihak rumah sakit utamanya dokter diminta untuk secepatnya merespon pasien dan melayani secara baik-baik sehingga nyawa pasian itu dapat terjamin dan meyelamatkan nyawa seseorang.

“Mereka sudah berjanji akan merubah pelayanan dan kami menyampaikan kepada dokter-dokter agar tepat waktu dan responsif melayani pasien yang masuk rumah sakit. Selain itu sarana dan prasarana betul-betul menjadi perhatian,” tutupnya.

Reporter : duL

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *