BOMBANA, OKESULTRA.ID – Ombudsman Republik Indonesia (ORI) Perwakilan Provinsi Sulawesi Tenggara melaksanakan survei kepatuhan terhadap standar pelayanan publik di kantor Dinas Dinas Pertanian Kabupaten Bombana.
Kepala Perwakilan Ombudsman Sultra, Mastri Susilo usai kegiatan itu, Selasa mengatakan hasil dari survei itu menjadi pembuktian komitmen penyelenggara layanan publik terhadap pelayanan yang berkualitas dan berkeadilan.
“Kita melakukan survei kepatuhan tentang pelayanan publik,” ucapnya
Ia menjelaskan, kegiatan itu merupakan bagian dari tugas Ombudsman RI yang bertujuan untuk menilai Dinas Pertanian sebagai penyelenggara pelayanan publik dalam hal kepatuhan standar pelayanan yang ditetapkan dalam Undang-Undang nomor 25 tahun 2009.
“Dalam survei ini ada beberapa aspek yang kami nilai, yang pertama pemenuhan standar pelayanan publik, kemudian indeks persepsi maladministrasi,” ujar dia.
Selanjutnya Kepala Ombudsman Perwakilan Sultra juga menerangkan bahwa pelayanan publik yang berkualitas perlu memperhatikan beberapa aspek diantaranya adalah Kebijakan pelayanan publik, Profesionalisme, SDM, Sarana dan prasarana, Sistem informasi pelayanan publik, mekanisme konsultasi dan pengaduan serta inovasi pelayanan publik.
“novasi-inovasi pelayanan publik berbasis teknologi yang bertujuan mempercepat proses layanan juga harus tepat sasaran, dengan memahami geografis masyarakat penerima layanan sehingga nantinya inovasi-inovasi tersebut dapat memberikan dampak langsung kepada masyarakat,”ujarnya.
Selain itu, ia berpesan bahwa survey IKM (Indeks Kepuasan Masyarakat) dan IPK (Indeks Persepsi Korupsi) terhadap pelayanan publik yang diberikan juga harus dilakukan secara terus menerus dan berkelanjutan.
“Ini dapat dijadikan sebagai tolak ukur dan bahan evaluasi apakah pelayanan publik yang diberikan sudah cukup baik dan berkualitas,”harapnya.
Sementara itu Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bombana, Ir. Muhammad Siarah.,M.Si menyampaikan pengharagaan dan terima kasih atas masukan, bimbingan dan Ombudsman perwakilan Sultra dan Tim yang telah meluangkan waktunya untuk berkunjung ke Dinas Pertanian Kabupaten Bombana.
“dengan adanya kunjungan ini, maka pelayanan publik yang dilakukan oleh Dinas Pertanian Kabupaten Bombana kedepannya semakin baik dan berkualitas,”ucapnya.
Menurut Ir. Muhammad Siarah.,M.Si jika di Dinas Pertanian saat ini beberapa pelayanan diantaranya, pelayanan rekomendasi BBM bersubsidi, Pelayanan Kesehatan hewan peliharaan, Asuransi Usaha Tani ternak dan padi. (Adv)
Reporter : Siswanto Azis