BeritaBombanaDaerahNews

ORI Sultra Beritakan Hasil Penilaian Kepatuhan Pelayanan Publik Kepada Pemkab Bombana

×

ORI Sultra Beritakan Hasil Penilaian Kepatuhan Pelayanan Publik Kepada Pemkab Bombana

Share this article
Susana Penyerahan Hasil Penilaian Kepatuhan Pelayanan Publik Tahun 2023 dari ORI Sultra Kepada Pj Bupati Bombana. Foto : Dinas Kominfo Bombana

KENDARI, OKESULTRA.ID – Pemerintah Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara terima hasil penilaian Kepatuhan Pelayanan Publik Tahun 2023 dari Ombudsman RI Perwakilan Sulawesi Tenggara terkait  kepatuhan pelayanan publik.

Penilaian yang dilakukan oleh Ombudsman RI Perwakilan Sultra kepada pemkab Bombana ini mencakup berbagai aspek, termasuk kecepatan pelayanan, keterbukaan informasi, dan respon terhadap pengaduan masyarakat.

Hasil penilaian tersebut di berikan lansung oleh Kepala Perwakilan Ombudsman RI Perwakilan Sulawesi Tenggara, Mastri Susilo, S.Pd.,M.P, kepada Pj. Bupati Bombana, Drs. Edy Suharmanto, M.Si, Kamis (18/01/2024).

Kepada awak media, Pj Buoati Bombana menjelaskan, jika untuk melahirkan pelayanan publik yang prima dalam memenuhi harapan dan kebutuhan dengan tepat dan cepat, tentunya tidak akan terjadi begitu saja, memerlukan komitmen, kebersamaan serta sinergitas semua pihak dan memerlukan ikhtiar secara berkelanjutan, disiplin yang panjang dan maupun mengubah kebiasaan dilayani menjadi melayani.

“Kita harus segera mengubah cara berfikir, cara merespons dan cara bekerja, orientasinya harus hasil dan outcome,” tegasnya.

Untuk itu, Pj Bupati Bombana ini meminta, ke depannya agar dapat memanfaatkan lebih banyak teknologi atau digitalisasi pelayanan untuk melakukan tugas-tugas pelayanan publik, sehingga inovasi dengan dengan memanfaatkan teknologi harus menjadi budaya kerja baru yang harus dijalankan guna mengimbangi tuntutan masyarakat agar pelayanan publik kita semakin berkualitas.

“Dengan penilaian ini kita mengetahui berbagai kekurangan yang perlu perbaikan dan evaluasi, agar kedepannya pelayanan publik di Kabupaten Bombana semakin baik, efektif, akuntabel dan transparan,” ujarnya.

Tidak hanya itu, Edy Suharmanto juga menyampaikan komitmen kuat Pemerintah Kab. Bombana untuk terus meningkatkan kepatuhan pelayanan publik. Beliau menegaskan bahwa hasil penilaian ini akan menjadi dasar dalam merancang langkah-langkah perbaikan yang lebih efektif.

“Saya mohon kesediaan pak Kepala Ombudsman Perwakilan Sultra, bisa membantu kami untuk memberikan pendampingan. Sehingga kami di Bombana bisa mengetahui dan memahami kekurangannya itu disini, dan harus melakukan ini,” tandas Pj. Bupati. 

Lebih lanjut, Pj. Bupati juga mengatakan hasil penilaian ini merupakan motivasi untuk terus bekerja keras demi mewujudkan pelayanan publik yang lebih baik di Bombana. Beliau juga menegaskan pihaknya akan segera mengambil langkah-langkah strategis dalam meningkatkan pelayanan publik terhadap masyarakat. 

“Terkait dengan hal tersebut, kami Pemerintah Kab. Bombana akan segera bergerak, pulang dari sini kita harus sudah punya kejelasan waktu untuk hal tersebut, ” tutup Pj. Bupati dalam sambutannya.

Sementara itu, Ombudsman RI Perwakilan Sultra mengatakan untuk terus mendukung Pemerintah Kab. Bombana dalam upaya peningkatan pelayanan publik.

 “Kami siap bersinergi dan memberikan bimbingan teknis, agar pelayanan publik di Kab. Bombana semakin berkualitas dan sesuai dengan standar kepatuhan yang ditetapkan,” ujar Mastri Susilo. (Adv).

Reporter : duL

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *