KENDARI, OKESULTRA.ID – Sosialisasi “MediaMIND 2023”, kompetisi jurnalistik tahunan yang digelar oleh “holding” pertambangan BUMN PT Mineral Industri Indonesia atau MIND ID bekerja sama dengan Perum LKBN ANTARA, yang digelar di Kendari, (04/08/2023), berjalan sukses.
Sosialisasi yang dihadiri Corporate Communication Manager PT Antam Tbk, Arifah Dewi Mashitoh dan Corporate Communication MIND ID Pratiwa Dyatmika keduannya sebagai nara sumber dan dari LKBN Antara Andes Lukman dan Maha Eka Swasta itu diikiti oleh 41 perwakilan media Se-Kota Kendari, Sulawesi Tenggara.
Arifah Dewi saat memberi pengantar terkait perusahaan Antam sebagai perusahaan BUMN mengatakan, banyak potensi yang bisa dijadikan acuan bagi para jurnalisakan untuk membuat artikel dalam memberi informasi terkait kinerja serta keberhasilan yang telah dilakukan di perusahaan itu.
“Silahkan teman-teman jurnalis untuk menulis apa yang menurut anda dapat memberi edukasi kepada masyarakat tentang Antam sebagai perusahaan yang tidak hanya mengolah dan mempropduksi nikel tetapi juga emas dan bauxsite,” ujarnya.
Pratiwa pun berharap, melalui MediaMIND 2023, para pewarta di Kota Kendari dan Sulawesi Tenggara pada umumnya dapat memberikan edukasi kepada masyarakat soal program-program pemerintah yang dilakukan oleh MIND ID.
“Sehingga bersama MIND ID para jurnalis dan masyarakat bisa bersama-sama memberikan nilai tambah untuk Indonesia dan menyukseskan program pemerintah,” tutur Pratiwa.
Begitupun Arifah Dewi saat memberi pengantar terkait perusahaan Antam sebagai perusahaan BUMN mengatakan, banyak potensi yang bisa dijadikan acuan bagi para jurnalisakan untuk membuat artikel dalam memberi informasi terkait kinerja serta keberhasilan yang telah dilakukan di perusahaan itu.
“Silahkan teman-teman jurnalis untuk menulis apa yang menurut anda dapat memberi edukasi kepada masyarakat tentang Antam sebagai perusahaan yang tidak hanya mengolah dan mempropduksi nikel tetapi juga emas dan bauxsite,” ujarnya.
Sementara dari tim LKBN Antara Andes Lukman mengatakan lomba jurnalistik yang disponsori dari lima perusahaan yang bergerak pada sektor mineral itu (Antam, Inalum, Bukit Asam, Freeport Indonesia dan Timah) yang di gela MIND ID sudah yang kedua kalinya.
“Kalau pada tahun sebelumnya karya-karya Jurnalistik yang dihadiakan Rp170 juta, maka tahun 2023 ini disediakan hadia sebesar Rp300 juta,” ujarnya seraya menambahkan sosialisasi MIND ID tahun ini pada lima daerah yakni Medan Sumatera Utara, Kendari Sulawesi Tenggara, Palembang Sumatera Selatan, Surabaya Jawa Timur dan terakhir DKI Jakarta.
Ia juga menambahkan,Rangkaian MediaMIND 2023 dengan tema “Memberi Nilai Tambah untuk Indonesia” dimulai dari pengumpulan karya jurnalistik pada periode 24 Juli-14 September 2023.
Ada empat kategori karya yang dilombakan yaitu karya tulis “hard news”, karya tulis “feature”, karya video berita dan karya foto.
Seluruh produk jurnalistik yang dikirimkan peserta wajib memenuhi empat subtema sebagai berikut.
1. Industri, yang berkaitan dengan teknologi dan inovasi grup MIND ID serta proyek strategis MIND ID.
2. Komoditas, berkaitan dengan produksi grup MIND ID dan hilirisasi.
3. Ekonomi dan bisnis, berkaitan dengan kinerja keuangan, sumbangsih grup MIND ID untuk ekonomi nasional, sumbangsih grup MIND ID untuk ekonomi daerah.
4. ESG (Environmental Social Governance), berkaitan dengan “sustainability” dan tanggung jawab sosial lingkungan (TJSL).
Adapun total hadiah untuk para pemenang MIND ID lebih dari Rp300 juta.
Nantinya setelah semua karya terkumpul, produk jurnalistik tersebut akan disaring oleh tiga juri praseleksi yaitu Maha Eka Swasta (juri foto dari LKBN Antara), Mysister Silvilona Tarigan (juri video dari Kompas TV) dan Azis Husaini (juri teks dari Kontan).
Kemudian, akan ada 33 finalis terpilih yang selanjutnya mengikuti “Media Site Visit” pada 3 Oktober 2023. Ke-33 finalis ini masing-masing akan mendapatkan Rp3 juta.
Mereka selanjutnya dibagi ke tiga kelompok, masing-masing beranggotakan 11 orang, untuk mengunjungi perusahaan anggota MIND ID yang berada di tiga tempat yaitu Medan, Halmahera Timur dan Palembang.
Di lokasi itu, para finalis akan melakukan liputan untuk membuat satu karya yang akan kembali dilombakan. Karya-karya mereka dikumpulkan maksimal 15 November 2023 dan akan dinilai oleh Dewan Juri.
Dewan Juri itu terdiri dari lima orang yaitu Ketua IMEF Singgih Widagdo, Pemimpin Redaksi CNN TV Titin Rosmasari, Direktur Utama Tempo Media Arif Zulkifli, Kurator Independen dan Founder Matawaktu.org Oscar Motuloh dan Pemimpin Redaksi Narasinewsroom Zen RS.
Dewan Juri menentukan empat karya terbaik dari masing-masing kelompok yang beranggotakan 11 orang tersebut. Sebanyak 12 jurnalis terunggul itu berhak atas hadiah masing-masing Rp10 juta.
Kemudian, ke-12 karya tersebut akan dikompetisikan lagi untuk menemukan tiga karya “best of the best” yang akan meraup hadiah Rp20 juta per orang. Artinya, mereka yang sukses menjadi “best of the best” total mengumpulkan Rp33 juta.
Di luar itu, 12 jurnalis terbaik juga berhak untuk bersaing memperebutkan tiga tempat sebagai “juara favorit” yang meraup hadiah senilai Rp3 juta per orang.
Adapun para pewarta yang mengikuti MIND ID 2023 dapat mengirimkan karya untuk lebih dari satu kategori dengan maksimal lima produk jurnalistik per kategorinya.
Reporter : duL